Kamis, 22 September 2016

Ayam Ayunai asal PAPUA

#AyamKampus. Ayam Ayunai adalah unggas lokal berukuran sedang dari Merauke, Papua. Ayam Ayunai yang berpotensi dimanfaatkan dagingnya. Tepatnya ayam ini berkembang di Kabupaten Jayapura dan Kabupaten Merauke. Sebarannya dominan di desa Besum dan Skamto kecamatan Nimborm dan Arso Kab. Jayapura.

Keunikan ayam ini terletak pada absennya bulu dari kepala hingga bagian atas tembolok,sehingga leher tampak polos alias gundul.

Kelemahan ayam ini seringnya terkena penyakit yaitu terkena cacing mata yang ditandai mata berair dan kelopak mata melebar. Cara pengobatannya dilakukan secara tradisional yaitu dengan memberi tetesan air daun tembakau atau daun the ke dalam mata.

ayam ayunai merupakan jenis Ayam Legund merupakan salah satu ayam lokal Indonesia yang mempunyai ciri leher tidak ditumbuhi bulu yang merupakan salah satu ayam lokal yang belum dimanfaatkan secara optimal. Ayam Legund pada umumnya dihubungkan dengan Turkens, Transilvania Naked Neck, Bare Necks, Hackleness, dan Rubber Necks, yang seluruhnya memilki karakteristik sifat leher gundul. Gen Na merupakan gen dominan yang berpengaruh terhadap pertumbuhan bulu (lambat) pada bagian leher (Somes, 1993).

Ayam leher gundul merupakan salah satu ayam lokal yang berpotensi untuk dikembangkan sebagai ayam penghasil daging. menunjukkan bahwa ayam legund mampu menampilkan pertambahan bobot badan yang lebih baik jika dibandingkan dengan ayam buras lain (Mu’in, 1992). Kelestarian ayam buras harus dijaga baik jumlah maupun keasliannya. Cara pemeliharaan juga perlu untuk diperhatikan agar ayam lokal tidak punah dan jumlahnya menjadi berkurang. Pemanfaatan ayam legund sebagai plasma nutfah penghasil daging hingga saat ini belum nampak. Ayam ini dianggap sebagai ayam buras biasa walaupun performans ayam legund nampak jauh lebih besar dibandingkan dengan ayam buras lain.

Saat ini populasi ayam Ayunai terus mengalami penurunan, diperkirakan hanya tersisa 2000 ekor.

  • Ciri-Ciri Umum Ayam Ayunai Adalah :
  • Tubuh terlihat sedang hingga besar
  • Bulu dominan berwarna hitam dengan bagian sayap berwarna putih
  • Kulit berwarna putih kemerahan
  • Jengger berwarna merah
  • Paruh dan kaki berwarna kuning kehitaman
  • Menghasilkan telur sekitar 14 butir per periode
  • Bobot dewasa jantan 3.3 Kg, sedangkan betina 2.8 Kg.

Ayam Ayunai adalah unggas lokal berukuran sedang dari Merauke, Papua.Keunikan ayam ini terletak pada absennya bulu dari kepala hingga bagian atas tembolok,sehingga leher tampak polos alias gundul.