Rabu, 07 Desember 2016

Makanan Ayam Hutan Merah | Food Red Jungle Folw

#AyamKampus. Ayam hutan atau ayam alas yang baru saja di jinakkan harus tetap diberi makan. Pakan ayam hutan harus disesuaikan dengan saat habitat aslinya, jangan dahulu diberikan makanan buatan seperti voer ayam. Tapi berilah dahulu makanan ayam hutan yang biasa mereka temukan dihutan.
Pakan ayam hutan bisa berupa biji-bijian yang sudah biasa ayam hutan kosumsi dihabitat aslinya. Biji bijian yang dijadikan makanan ayam hutan bisa berupa biji padi, jagung, biji gandum dan berbagai macam kacang-kacangan.


Makanan Ayam Hutan Biji-bijian

Biasanya makanan ayam hutan untuk ayam hutan yang baru jinak harus ditebarkan ke tanah dikandang, sebab ayam hutan belum terbiasa menggunakan tempat makan. Jika sudah terbiasa, barulah makanan ayam hutan disimpan didalam tempat makan. Biasanya biji padi disukai ayam alas ini hingga dijadikan biji utama, vareasikan juga dengan biji-bijian lainnya.

Makanan Tambahan Ayam Hutan


Selain biji-bijian, ayam hutan sangat baik diberikan pakan hewani seperti serangga, jangkrik, cacing, belalang, ulat maupun cacahan daging sebagai makanan tambahan. Selain itu, dapat juga kita berikan pakan tambahan lain yang kaya serat dan protein nabati seperti seperti potongan buah-buahan, rumput-rumputan, dan sayuran.

Makanan Buatan Ayam Hutan

Makanan buatan seperti voer ayam baru bisa diberikan saat ayam hutan sudah bisa beradaptasi, voer ayam dan dedak bisa dijadikan makanan tambahan. Tapi ada yang paling penting yang harus diperhatikan, yakni air minum ayam. Air minum harus tersedia selalu dalam kondisi bersih dan layak minum serta cukup. Jangan sampai air minum kering, sebab ayam hutan sangat rentan dengan kematian bila kekurangan air.

Makanan ayam hutan diberikan dalam skala besar, atau siap sedia dalam kandang sepanjang waktu terutama untuk pakan biji-bijian. Sedangkan untuk pakan sauran dan buah-buahan bisa diberikan 2x seminggu atau seminggu sekali, tujuannya guna mencukupi kebutuhan gizi ayam hutan. Begitu juga dengan makanan hewani, berikan secukupnya saja. Atau jika kita ingin ayam hutan kita jinak pada kita, bisa kita berikan lewat tangan kita langsung sedikit-sedikit. Supaya mereka mengenali kita dan tidak takut lagi pad pemiliknya. Ayam hutan sendiri secara garis besar dibagi 2 jenis, yakni ayam hutan merah dan ayam hutan hijau