Senin, 05 Desember 2016

Ragam jenis jengger Ayam dan Fungsinya

Meskipun tujuan Jengger tidak sepenuhnya diketahui , ada teori yang yang paling jelas yaitu, penggunaan terbesar dari jengger adalah sebagai sistem pendingin untuk ayam .Darah mengalir ke jengger , mendingin karena pada jengger bagian ini tidak tertutup bulu, karena bagian yang tertutup bulu panas dan suhu ayam rata-rata memang lebih panas dari manusia. Ketika darah kembali ke seluruh tubuh , akan lebih dingin, dengan demikian membantu pendiginan tubuh hal yang sama dapat dialkukan pial. Ayam adalah keturunan dari ayam hutan merah dan jengger besar lebih cocok untuk ayam di iklim panas . Dalam cuaca dingin , mereka dapat menjadi ancaman serius bagi ayam , karena akan terserang frostbite lebih mudah daripada bagian lain dari tubuh .Untuk alasan ini , ayam di iklim cuaca dingin harus dilindungi dari suhu beku , terutama pada malam hari , dan jika mereka memiliki jengger besar. Kadang-kadang dipakai cara ekstrim atau dubbing dimana jengger diputus dansegera diobati untuk mencegah ayam berjengger besar mati saat musim dingin, tapi cara ini tidak dianjurkan karena sangat melukai ayam.


Banyak teori juga yang menyebut jengger adalah tanda pecking order yang tinggi dan untuk daya tarik  , meskipun hal ini belumterbukti . Ukuran jengger dan warna juga dipengaruhi oleh hormon seks ayam tersebut juga kesehatn ayam tapi pada jenis jengger hutam silkie,cemani hal ini masih diteliti.


Jengger ungu atau gelap dapat menjadi tanda dari masalah kesehatan ( kecuali pada jenis seperti silkie cemani dll , di mana jengger ungu dan hitam adalah normal ) . Pada ayam betina , jengger dapat dihubungkan ke produksi telur .Misalnya, jengger ayam betina yang sudah tua makin lama akan terkulai dan produksi telur merosot.


Jengger ayam ada berbagai model dan sekarang telah banyak sekali jenis jengger.

dahulu nenek moyang ayam red junglefowl  memiliki jengger single dan berkembang karena di kawinkan dengan ayam hutan merah di negara lain, dimana di negara yang makin panas ayam hutan merah di negara itu makin besar jenggernya. dan membentuk jengger baru karena adaptasi dan evolusi.


Jengger di Indonesia sendiri ada yang sangat unik yaitu pada yam bekisar ditemui jengger pisau karena merupakan keturunan dari ayam merah dan ayam hutan hijau yang dikawinkan. Jengger ayam di indonesia antara lain:

Jengger pada ayam kampung indonesia adalah jengger normal atau single comb.

Pada ayam Malay(Bangkok) adalah jenis strawberry, pada ayam jambul adalahnya jenis tanduk atau v comb, pada ayam batik atau sebright adalah jenis rose atau jengger mawar, pada silkie jenis silie comb tapi silkie di indonesia berkembang ke single karena cuaca dan kawin silang. Ayam lain mungki ditemukan jengger baru tapi jika dihasilkan anak berbeda lagi tidak dapat diakui sebagai varietas ayam baru.